Tanding Catur Vs Tuhan Renungan
renunganKasparov dan Deep Blue

"Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu" Yes 55:8-9

“ I am a human being ….”. Ucapan ini keluar dari mulut seorang genius yang bernama Garry Kasparov setelah dia dikalahkan pada pertandingan catur spektakuler: Manusia vs Mesin yaitu Garry Kasparov vs Deep Blue pada 11 Mei 1997.

Siapakah Kasparov dan apa sih Deep Blue itu? Garry Kasparov adalah juara dunia catur 12 tahun tidak terkalahkan sebelum pertandingan ini. Genius ini menjadi juara catur Uni Soviet pada usia 13 tahun, memperoleh gelar International Grand Master pada umur 17 th. Pada usia 19 th dia menduduki peringkat 2 dunia. Akhirnya menjadi juara dunia pada usia 22 tahun. Setelah itu dia tidak terkalahkan selama 12 tahun. Pada usia 34 th dia masih tidak menemukan orang yang dapat mengalahkannya sampai dikalahkan oleh Deep Blue. Deep Blue adalah komputer IBM RS6000SP dengan kecepatan analisa 200 juta langkah perdetik. Sedang Kasparov hanya mampu menganalisa 3 langkah perdetik. Pertandingan berakhir dengan 2 kali kekalahan telak bagi Kasparov dan 3 kali draw.

Cerita diatas mirip dengan perseteruan manusia dengan TuhanNya yang notabene adalah penciptanya. Berapa sering Firman Tuhan tidak kita percayai sepenuhnya? Kita masih bertahan dengan pendirian kita, logika kita, ketika jalan pikiran Tuhan berseberangan dengan kehendak kita. Bahkan kita bertentangan seperti seorang lawan terhadap Tuhan. Bukankah Firman Tuhan sering berkata: jangan takut, percaya saja, lepaskan pengampunan, rendahkan dirimu, taati suamimu, kasihi istrimu, hormati orang tuamu, hargai pemimpinmu, bertekun dalam penderitaan, sabar dalam kesesakan, bilur2Nya menyembuhkan, dosamu telah diampuni, tinggalkan kenajisanmu, jangan menjadi hamba uang, jangan merusak bait tubuhmu dll, tetapi kita tidak bisa meng-amin-kannya karena kita tidak mau menurutinya. Kita tidak rela ditaklukkan kepada jalan pikiran Tuhan. Bukankah pikiran Tuhan jauh ditas pikiran kita? Jalan-jalanNya tidak terselami dan tak terukur seperti tertulis dalam Firman Yes 55:8-9 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. Bukankah kita harus lebih percaya kepada Tuhan dari pada kepada jalan pikiran manusia? Bukankah dia pencipta kita? Dia yang hidup dari kekal sampai kekal memiliki kemampuan berpikir yang tidak terbatas dan tidak terukur. Hendaklah kita percaya kepada FirmanNya dengan segenap hati. Biarkanlah dirimu ditaklukkan oleh FirmanNya. Biarkan Dia mengambil alih jalan pikiranmu. Biarkanlah Dia memenangkan pertandingan hidupmu, menghancurkan semua pion-pion dan benteng-benteng kemegahanmu. Biarkan dia men-skak mati apa yang menjadi raja dalam hidupmu sampai tinggal satu orang raja saja diatas papan catur hidupmu dan dia adalah Yesus Tuhan. God bless You.
Labels:
1 Response
  1. Anonymous Says:

    BLOGNYA BAGUS.
    MENGUNDANG BERKUNJUNG KE BLOG SAYA.
    GBU